SILABUS KEAMANAN PANGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020-2021
SILABUS KEAMANAN PANGAN
Nama SMK : .......................
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Boga
Kompetensi Keahlian : Tata Boga
Mata Pelajaran : Keamanan Pangan
Durasi : 36 JP
Kompetensi Inti:
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kuliner pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
JP
|
KegiatanPembelajaran
|
AlternatifPenilaian
|
3.7. Menerapkan pembersihan dan sanitasi peralatan dan ruang
|
3.7.1. Mendeskripsikan Higiene dapur
3.7.2. Mendeskripsikan fungsi dapur
3.7.3. Mendeskripsikan syarat-syarat dapur yang baik
3.7.4 Mendeskripsikan tata letak ruangan dapur
3.7.5. Menganalisis area penyimpanan dan pelayanan makanan
4.7. Membersihkan peralatan dan ruang kerja
|
Pembersihan dan sanitasi peralatan dan ruang kerja
|
6
|
Mengamati :
· Mengamati Video/gambar atau membaca buku terkait dengan hygiene sanitasi dapur
Menanya :
· Mengajukan pertanyaan tentang pengertian, fungsi, syarat-syarat, tata letak ruangan dapur yang baik, dan area penyimpanan dan pelayanan makanan
Mengumpulkan Data
· Diskusi kelompok untuk mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan yang diajukan dengan menggunakan berbagai sumber informasi
· Melakukan praktik membersihkan peralatan dan ruang kerja dan mencatat hal-hal yang dijumpai saat praktik (data) yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
· Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik untuk menjawab pertanyaan
· Menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik terkait dengan jawaban pertanyaan
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan hasil diskusi dan hasil praktik
|
Observasi
· Pengamatan sikap saat berdiskusi,uji coba dan presentasi
Tes
Tes tertulis
Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
Proyek/Penugasan
Portofolio
|
4.7.
| |||||
3.8. Menganalisis sampah
|
3.8.1. Mendeskripsikan pengertian sampah
3.8.2. Mengklasifikasikan jenis-jenis sampah
3.8.3. Menganalisis pengelolaan sampah
3.8.4. Menganalisis penganan sampah
4.8. Melakukan penanganan sampah
|
Sampah
|
6
|
Mengamati :
· Mengamati Video/gambar atau membaca buku terkait dengan sampah
Menanya :
· Mengajukan pertanyaan tentang pengertian, jenis-jenis, pengelolaan sampah.
Mengumpulkan Data
· Diskusi kelompok untuk mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan yang diajukan dengan menggunakan berbagai sumber informasi
· Melakukan praktik penanganan sampah dan mencatat hal-hal yang dijumpai saat praktik (data) yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan
· Kerja kelompok untuk membedakan macam-macam sampah
Mengasosiasi:
· Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik untuk menjawab pertanyaan
· Menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik terkait dengan jawaban pertanyaan
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan hasil diskusi dan hasil praktik
|
Observasi
· Pengamatan sikap saat berdiskusi,uji coba dan presentasi
Tes
Tes tertulis
Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
Proyek/Penugasan
Portofolio
|
4.8 Melakukan penanganan sampah
| |||||
3.9. Menganalisis keselamatan dan kecelakaan kerja
|
3.9.1. Mendeskripsikan pengertian keselamatan dan kecelakaan kerja
3.9.2. Mendeskripsikan kecelakaan kerja
3.9.3 Mengidentifikasi pencegahan kecelakaan kerja
3.9.4. Mendekripsikan prosedur keselamatan dan pencegahan kecelakaan kerja
4.9. Mengidentifikasi resiko bahaya untuk mencegah kecelakaan kerja
|
Keselamatan dan kecelakaan kerja
|
6
|
Mengamati :
· Mengamati Video/gambar atau membaca buku terkait dengan keselamatan dan kecelakaan kerja
Menanya :
· Mengajukan pertanyaan tentang pengertian, macam-macam keselamatan dan kecelakaan kerja
Mengumpulkan Data
· Diskusi kelompok untuk mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan yang diajukan dengan menggunakan berbagai sumber informasi
· Melakukan praktik pencegahan kecelakaan kerja dan mencatat hal-hal yang dijumpai saat praktik (data) yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan
· Kerja kelompok untuk membedakan keselamatan dan kecelakaan kerja
Mengasosiasi:
· Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik untuk menjawab pertanyaan
· Menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik terkait dengan jawaban pertanyaan
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan hasil diskusi dan hasil praktik
| |
4.9.Melakukan identifikasi resiko bahaya untuk mencegah kecelakaan kerja
|
Observasi
· Pengamatan sikap saat berdiskusi,uji coba dan presentasi
Tes
Tes tertulis
Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
Proyek/Penugasan
Portofolio
| ||||
3.10. Menerapkan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja
|
3.10.1. Mendeskripsikan sumber penyebab kecelakaan kerja
3.10.2. Mengidentifikasi pertolongan pertama pada kecelakaan
3.10.3. Menganalisis monitoring kecelakaan tenaga kerja
4.10. Melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja
|
Pertolongan pertama pada kecelakaan kerja
|
4
|
Mengamati :
· Mengamati Video/gambar atau membaca buku terkait dengan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja
Menanya :
· Mengajukan pertanyaan tentang sumber penyebab kecelakaan kerja dan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja
Mengumpulkan Data
· Diskusi kelompok untuk mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan yang diajukan dengan menggunakan berbagai sumber informasi
· Melakukan praktik pertolongan pertama pada kecelakaan kerja dan mencatat hal-hal yang dijumpai saat praktik (data) yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan
· Kerja kelompok untuk membedakan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja
Mengasosiasi:
· Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik untuk menjawab pertanyaan
· Menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik terkait dengan jawaban pertanyaan
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan hasil diskusi dan hasil praktik
|
Observasi
· Pengamatan sikap saat berdiskusi,uji coba dan presentasi
Tes
Tes tertulis
Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
Proyek/Penugasan
Portofolio
|
4.10.Melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja
| |||||
3.11. Menganalisis kesehatan kerja
|
3.11.1. Mendeskripsikan pengertian kesehatan kerja
3.11.2. Mengidentifikasi tujuan dan perlunya kecelakaan kerja
3.11.3. Mendeskripsikan pengertian ergonomi
3.11.4 Menyebutkan fungsi dapur
4.11. Melakukan pemeriksaan kesehatan lingkungan kerja
|
Kesehatan kerja
|
6
|
Mengamati :
· Mengamati Video/gambar atau membaca buku terkait dengan kesehatan kerja
Menanya :
· Mengajukan pertanyaan tentang pengertian, tujuan, fungsi dapur pada kesehatan kerja
Mengumpulkan Data
· Diskusi kelompok untuk mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan yang diajukan dengan menggunakan berbagai sumber informasi
· Melakukan praktik pemeriksaan kesehatan lingkungan kerja dan mencatat hal-hal yang dijumpai saat praktik (data) yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan
· Kerja kelompok untuk membedakan kesehatan lingkungan kerja
Mengasosiasi:
· Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik untuk menjawab pertanyaan
· Menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik terkait dengan jawaban pertanyaan
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan hasil diskusi dan hasil praktik
|
Observasi
· Pengamatan sikap saat berdiskusi,uji coba dan presentasi
Tes
Tes tertulis
Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
Proyek/Penugasan
Portofolio
|
4.11 Melakukan pemeriiksaan kesehatan lingkungan kerja
|
3.12. Menganalisis penyakit akibat kerja
|
3.12.1. Mendeskripsikan pengertian penyakit akibat kerja
3.12.2. Mengidentifikasi jenis penyakit akibat kerja
3.12.3. Mengidentifikasi factor penyebab penyakit akibat kerja
4.12. Melakukan pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja
|
Penyakit akibat kerja
|
4
|
Mengamati :
· Mengamati Video/gambar atau membaca buku terkait dengan penyakit akibat kerja
Menanya :
· Mengajukan pertanyaan tentang pengertian, jenis, factor penyakit akibat kerja
Mengumpulkan Data
· Diskusi kelompok untuk mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan yang diajukan dengan menggunakan berbagai sumber informasi
· Melakukan praktik pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja dan mencatat hal-hal yang dijumpai saat praktik (data) yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan
· Kerja kelompok untuk membedakan penyakit akibat kerja
Mengasosiasi:
· Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik untuk menjawab pertanyaan
· Menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik terkait dengan jawaban pertanyaan
Mengkomunikasikan :
Membuat laporan hasil diskusi dan hasil praktik
|
Observasi
· Pengamatan sikap saat berdiskusi,uji coba dan presentasi
Tes
Tes tertulis
Keterampilan
Penilaian unjuk kerja
Proyek/Penugasan
Portofolio
|
4.12.Melakukan pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja
|
0 Response to "SILABUS KEAMANAN PANGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2020-2021"
Post a Comment