-->

KUE DARI ADONAN SUGAR DOUGH

adonan sugar dough
sumber gambar: pixabay

Sugar Dough merupakan adonan yang digunakan untuk membuat kue kering. Mempunyai ciri khas rasa yang manis dan mengandung banyak lemak. Sugar dough dapat digunakan sebagai alas maupun tutup pie. Sugar dough dapat dikenal dengan pate manis atau adonan pasir. Dalam membuat harus hati-hati tidak boleh terlalu banyak menggunakan tepung berlebihan karena akan mengakibatkan adonan menjadi keras. Sugar Dough dapat digunakan untuk membuat nastar, kastengel, thumprint, chocochip, dan sebagainya. Dalam memanggang tidak boleh menggunakan api yang besar akan membuat tampilan kue tidak cantik sedangkan setelah memanggang sebaiknya menunggu kue dingin baru diangkat dari loyang agar kue tidak hancur.

Jenis-Jenis Kue Kering berdasarkan cara membuat:

1. Drop Cookies
Merupakan kue kering yang adonannya cukup lembek sehingga tidak dapat dicetak. Adonan harus disendokkan ke atas loyang dengan hati-hati baru dipanggang

2. Kue kering cetak
Merupakan kue kering yang adonannya digilas lalu dicetak dengan cookies cutter sebelum dipanggang

3. Kue kering potong
Merupakan kue kering yang adonannya harus digulung padat lalu disimpan dalam lemari es terlebih dahulu sebelum diiris-iris baru dipanggang

4. Kue kering yang dibentuk dengan tangan
Merupakan kue kering yang adonannya dibentuk tanpa menggunakan alat

Bahan pembuatan adonan sugar dough:

1. Tepung terigu
Untuk membuat kue dari adonan sugar dough menggunakan tepung terigu dengan kadar protein rendah (soft flour) yang memiliki daya serap air rendah sehingga menghasilkan adonan yang sukar diuleni, tidak elastis dan daya pengembangannya rendah.

2. Gula
Untuk menggunakan kue dari adonan sugar dough menggunakan gula tepung (icing sugar). icing sugar merupakan gula yang mengalami proses penghalusan sehingga berbentuk bubuk halus.

3. Lemak
Untuk membuat kue dari adonan sugar dough menggunakan lemak dengan daya ketahanan yang tinggi. Untuk kue kering selalu dibutuhkan penyimpanan yang lama, baik di pabrik maupun ketika di toko.

4. Telur
Berfungsi untuk mengembangkan kue dan memberi rasa lembab saat digigit. Kuning telur menghasilkan warna panggang yang baik. Untuk membuat kue dari adonan sugar dough menggunakan kunng telur agar kue lebih renyah.

Metode Pengolahan Sugar Dough dan Kriterian Hasil

1.Dibakar setelah diisi / dibentuk
2.Dibakar sebelum diisi, sebelum dibakar ditusuk dengan garpu pada dasar kue agar tidak mengembang ke atas

Kriteria hasil yang baik

1. Kue Renyah
2. Bentuk kue tidak berubah
3. Tidak terlihat butiran dari gula

Faktor penyebab kegagalan kue dari adonan sugar dough:

1. Kue Keras
    Penyebab : terlalu banyak tepung, pengadukan yang berlebihan
2. Kue Melebar
    Penyebab : terlalu banyak bahan cair, putih telur terlalu banyak digunakan

Penyimpanan kue dari adonan sugar dough yaitu disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara sehingga kue tetap renyah dan enak.

0 Response to "KUE DARI ADONAN SUGAR DOUGH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel