-->

SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER ILMU GIZI KELAS X

Soal ulangan tengah semester ilmu gizi kelas X SMK

Soal Uraian
  1. Jelaskan yang dimaksud dengan menu dan menu seimbang !
  2. Menjelaskan jenis-jenis menu yang berada di restoran !
  3. Buatlah menu makan siang untuk orang dewasa usia 25-30 tahun !
  4. Jelaskan alasan mengapa bayi baru boleh diberi makanan pendamping MP-ASI setelah berumur 6 bulan !
  5. Buatlah pola makan bayi berumuri 6 bulan dan makanan apa saja yang dianjurkan?

Jawaban
  1. Menu adalah susunan makanan atau hidangan yang dimakan oleh seseorang untuk sekali atau untuk sehari menurut waktu makan. Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan.
  2. Jenis menu direstoran : a.  Menu ala carte adalah suatu susunan menu dimana setiap makanan pada daftar makanan dicantumkan harganya dan tamu dapat memilih makanan sesuai seleranya. b.  Menu table dhote adalah suatu susunan hidangan lengkap dengan satu harga, dimana tamu tidak mempunyai peluang untuk memilih makanan sesuai dengan selera c.  Menu perjamuan khusus dipergunakan untuk acara perjamuan atau pesta khusus biasanya disajikan makanan khusus pula contohnya acara akhikah maka hidangan yang tersedia dari bahan daging kambing.
3. 
- Nasi 
- Acar Ikan:Ikan tongkol 
- Perkedel Tahu, Goreng:Tahu, Minyak 
- Urap daun Pepaya: a. Daun papaya b. Kelapa muda c. Teri kering
- Sup Jagung Wortel: Jagung, Wortel
- Buah Segar Pisang

4. Pada usia 0-6 bulan ASI sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi bayi dan balita. Setelah 7 bulan kebutuhan zat gizi bertambah banyak maka sudah boleh diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI(MP-ASI).

5. Umur 6 bulan diberi ASI, sari buah lebih kurang 2 sendok makan 2 kali sehari, bubur saring 7 sendok makan.


Soal ini hanya sebagai referensi untuk pembuatan soal ataupun sebagai bahan belajar jurusan Tata Boga SMK.


Semoga bisa menjadi referensi dalam membuat soal ulangan yang kemudian hari bisa ditindaklanjuti sebagai evaluasi pembelajaran. *

Evaluasi Pembelajaran memiliki beberapa fungsi yang diperuntukan bagi kepentingan semua anggota kegiatan belajar mengajar yakni siswa, guru maupun lembaga pendidikan tersebut. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Bagi siswa
Bagi siswa, fungsinya adalah mengetahui tingkat kemajuan belajar seorang siswa, membantu memberikan dorongan belajar atau motivasi belajar, dan memberi pengalaman dalam belajar bagi siswa tersebut.

2. Bagi guru
Menyeleksi siswa dan mempersiapkan keberhasilan siswa, mengetahui faktor penyebab seorang siswa belajar dan memberi bimbingan, memberikan pedoman belajar seorang siswa, mengetahui ketetapan metode mengajar.

3. Bagi Lembaga Pendidikan
Berfungsi untuk mempertahankan standar dan mutu pendidikan, berfungsi menilai ketepatan kurikulum yang diaplikasikan dan menilai kemajuan suatu sekolah atau lembaga pendidikan yang aktif memberikan kontribusi.


0 Response to "SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER ILMU GIZI KELAS X"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel