RPP SANITASI HYGIENE KELAS X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
S e k o l a h : …………………………….
Mata Pelajaran : Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja
Kelas /Semester : X / 1
Materi Pokok : Higiene dan Sanitasi Makanan
Menilai Penerapan Hygiene dan Sanitasi Makanan
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit ( 2 X Pertemuan)
S e k o l a h : …………………………….
Mata Pelajaran : Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja
Kelas /Semester : X / 1
Materi Pokok : Higiene dan Sanitasi Makanan
Menilai Penerapan Hygiene dan Sanitasi Makanan
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit ( 2 X Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural
dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
2. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi Dasar
3.1. Mendeskripsikan
peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi makanan.
4.5.
Menilai
penerapan hygiene perorangan (personal hygiene di dapur dan ruang pelayanan
makanan)
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
KD 3
3.1.1.
Mendeskripsikan pengertian hygiene
dan sanitasi
bidang
makanan
3.1.2.Mendeskripsikan peran higine dan sanitasi pada bidang makanan
3.1.3. Mendeskripsikan ruang lingkup hygiene dan sanitasi
3.1.4. Mendeskripsikan Persyaratan hygiene dan sanitasi
3.1.5. Mendeskripsikan hubungan antara aspek hygiene dan sanitasi
makanan dengan masalah keracunan makanan.
KD 4
4.1.1. Menilai penerapan hygiene dan sanitasi makanan di dapur dan ruang
pelayanan makanan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan pengertian hygiene
dan sanitasi bidang makanan dengan santun.
2. Mendeskripsikan peran higine dan
sanitasi pada bidang makanan dengan santun
3. Mendeskripsikan ruang lingkup hygiene
dan sanitasi Persyaratan hygiene dan sanitasi dengan santun.
4. Mendeskripsikan hubungan antara aspek
hygiene dan sanitasi makanan dengan masalah keracunan makanan dengan santun.
5. Menilai penerapan hygiene dan
sanitasi makanan di dapur dan ruang pelayanan makanan dengan percaya diri.
E.
Materi
Pembelajaran
Menyusul ya..
F. Pendekatan, model dan Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Saintifik
2.
Model Inquiri Terbimbing (Orientasi masalah)
3.
Metode: ceramah,
diskusi, prensentasi, Tanya jawab, penugasan, dsb.
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberi salam dan peserta didik menjawab
salam
· Guru meminta salah satu dari peserta didik untuk memimpin doa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing
· Guru meminta pada peserta didik untuk mengecek
kebersihan kelas (melatih siswa untuk lingkungan bersih/disiplin)
· Guru mengabsen kehadiran peserta didik (diberi pesan moral : bersyukur masih bisa
hadir di sekolah)
· Sebagai apersepsi, guru mengajukan pertanyaan
materi yang sudah dipelajari, tentang teknik pengolahan makanan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, peserta didik menyimak dan mencatatnya
· Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan, yaitu menggunakan model pembelajaran Inquiry.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
· Guru memberikan
pertanyaan tentang sanitasi hygiene dan keselamatan kerja
· Peserta didik menyimak pertanyaan yang diberikan guru tentang sanitasi, hygiene,
keselamatan kerja dan mengamati gambar tentang sanitasi, hygiene, keselamatan
kerja
· Peserta didik membahas hasil tayangan gambar tentang sanitasi, hygiene dan
keselamatan kerja
Menanyakan
· Peserta
didik pada masing-masing kelompok
membuat daftar pertanyaan yang terkait dan hal-hal yang masih belum dipahami
dalam tayangan gambar
· Setiap
pertanyaan dari setiap kelompok diminta untuk dituliskan pada secarik kertas
untuk didiskusikan dalam kelompok
Mengumpulkan data
· Peserta
didik yang sudah terbagi dalam kelompok
mendiskusikan tugas yang
diberikan
· Peserta didik melakukan diskusi untuk mengumpulkan data terkait
dengan tugas kelompok yang dibuat, lalu melakukan analisis dari
pertanyaan-pertanyaan yang sudah dibuatnya
· Peserta didik mencatat data hasil diskusi kelompok
· Selama
kegiatan berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terkait dengan
kedisiplinan, tanggungjawab, kerjasama dan prakarsa peserta
didik serta mencatat semua hal/persitiwa yang
terjadi di kelas .
Mengasosiasi
· Setiap
kelompok melakukan analisis hasil diskusi kelompok tentang sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja
· Setiap
kelompok menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja sebelum
dipresentasikan
Mengkomunikasikan
· Semua kelompok
mempersiapkan, bahan hasil diskusi untuk dipresentasikan
· Guru mengingatkan
aturan yang harus dipatuhi oleh masing-masing kelompok saat presentasi
dilakukan dan mengingatkan pentingnya toleransi, peduli dan sikap santun saat
menjawab dan mengajukan pertanyaan
· Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain memberi masukan hasil kerja
kelompok yang presentasi.
· Guru menyimak
presentasi dari masing-masing kelompok sambil menilai hasil kerja siswa
· Guru memberi umpan
balik dan penguatan materi di akhir diskusi
· Peserta didik
melakukan analisis proses inquiry yang telah dilakukan dan memperbaiki
hasil diskusi kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain dan umpan balik
dari gurunya.
|
70 menit
|
Penutup
|
· Guru memberikan penguatan dari hasil
pembelajaran.
· Guru
memberi refleksi terhadap proses hasil pembelajaran
· Guru bersama-sama dengan siswa membuat
rangkuman atau kesimpulan hasil diskusi
· Guru memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
· Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas individu dan tugas kelompok
· Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan
salam
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberi salam dan peserta didik menjawab
salam
· Guru meminta salah satu dari peserta
didik untuk memimpin doa sesuai dengan
agama dan keyakinan masing-masing
· Guru meminta pada peserta didik untuk mengecek
kebersihan kelas (melatih siswa untuk lingkungan bersih/disiplin)
· Guru mengabsen kehadiran peserta didik (diberi pesan moral : bersyukur masih bisa
hadir di sekolah)
·
Sebagai apersepsi, guru mengajukan pertanyaan
materi yang sudah dipelajari, tentang teknik pengolahan makanan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, peserta didik menyimak dan mencatatnya
· Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan, yaitu menggunakan model pembelajaran Inquiry.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru memberikan
pertanyaan tentang sanitasi hygiene dan keselamatan kerja
·
Peserta didik
menyimak pertanyaan yang diberikan guru tentang sanitasi , hygiene,
keselamatan kerja dan mengamati gambar tentang penerapan hygiene perorangan
(personal hygiene di dapur dan ruang pelayanan makanan)
·
peserta didik
membahas hasil tayangan gambar tentang sanitasi, hygiene dan
keselamatan kerja penerapan hygiene
perorangan (personal hygiene di dapur dan ruang pelayanan makanan)
Menanyakan
· peserta
didik pada masing-masing kelompok
membuat daftar pertanyaan yang terkait dan hal-hal yang masih belum dipahami
dalam tanyangan gambar
· Setiap
pertanyaan dari setiap kelompok diminta untuk dituliskan pada secarik kertas
untuk didiskusikan dalam kelompok
Mengumpulkan data
·
Peserta
didik yang sudah terbagi dalam kelompok
mendiskusikan tugas yang
diberikan
·
Peserta didik melakukan diskusi untuk mengumpulkan data terkait
dengan tugas kelompok yang dibuat, lalu melakukan analisis dari
pertanyaan-pertanyaan yang sudah dibuatnya
·
Peserta didik mencatat data hasil diskusi kelompok
·
Selama
kegiatan berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terkait dengan
kedisiplinan, tanggungjawab, kerjasama dan prakarsa peserta
didik serta mencatat semua hal/persitiwa yang
terjadi di kelas .
Mengasosiasi
· Setiap
kelompok melakukan analisis hasil diskusi kelompok tentang sanitasi, hygiene, keselamatan kerja dan penerapan hygiene dan
sanitasi makanan di dapur dan ruang pelayanan makanan
· Setiap
kelompok menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang sanitasi, hygiene, keselamatan kerja dan penerapan penerapan hygiene dan sanitasi makanan di dapur dan
ruang pelayanan makanan
sebelum dipresentasikan
Mengkomunikasikan
·
Semua kelompok
mempersiapkan, bahan hasil diskusi untuk dipresentasikan
·
Guru mengingatkan
aturan yang harus dipatuhi oleh masing-masing kelompok saat presentasi
dilakukan dan mengingatkan pentingnya toleransi, peduli dan sikap santun saat
menjawab dan mengajukan pertanyaan
·
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain memberi masukan hasil kerja
kelompok yang presentasi.
·
Guru menyimak
presentasi dari masing-masing kelompok sambil menilai hasil kerja siswa
·
Guru memberi umpan
balik dan penguatan materi di akhir diskusi
·
Peserta didik
melakukan analisis proses inquiry yang telah dilakukan dan memperbaiki
hasil diskusi kelompok berdasarkan masukan dari kelompok lain dan umpan balik
dari gurunya.
|
70 menit
|
Penutup
|
· Guru memberikan penguatan dari hasil
pembelajaran.
· Guru
memberi refleksi terhadap proses hasil pembelajaran
· Guru bersama-sama dengan siswa membuat
rangkuman atau kesimpulan hasil diskusi
· Guru memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
· Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas individu dan kelompok
· Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan
salam
|
10 menit
|
- Penilaian
- LEMBAR PENILAIAN DIRI SISWANama : ………………………………….Kelas : ………………………………….Semester : ………………………………….No.PernyataanSELALUSERINGKADANG KADANGTIDAK1Saya menyontek pada saat mengerjakan penilaian.2Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas.3Saya melaporkan kepada yang berwenang ketika menemukan barang.4Saya berani mengakui kesalahansaya.5Saya melakukan tugas-tugas dengan baik.6Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan7Saya mengembalikan barang yang saya pinjam.8Saya meminta maaf jika saya melakukan kesalahan.9.Saya selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama lingkungan kelasLEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMANNama Penilai : ………………………………….Nama yang dinilai : ………………………………….Kelas : ………………………………….Semester : ………………………………….No.PernyataanSELALUSERINGKADANG KADANGTIDAK1Teman saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian2Teman saya tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas3Teman saya mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya4Teman saya melaporkan data atau informasi apa adanya5.Teman saya tidak menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama lingkungan kelasPERENCANAAN PENUGASANPaket Keahlian : ...........................................................Mata Pelajaran : ...........................................................Kelas :.............................................................Kisi-Kisi dan Soal PenugasanKOMPETENSI DASARINDIKATOR SOALSOAL DAN RINCIAN TUGASKD 3.1.Mendeskripsikan peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi bidang makananKD 4.1.Menilai penerapan hygiene perorangan (personal hygiene) di dapur dan ruang pelayanan makanan dan lingkungan sekitar· Hygiene dan sanitasi makanan· Menilai Penerapan Hygiene dan sanitasi makananTugas Individu (Lampiran)Tugas Kelompok (Lampiran)RUBRIK PENSKORAN PENUGASANKomponen PenilaianIndikator/Kriteria Unjuk KerjaSkorPendahuluanTujuan dan landasan teori disampaikan dengan tepat4Tujuan atau landasan teori disampaikan dengan kurang tepat3Hanya memuat salah satu komponen pendahuluan namun disampaikan dengan tepat2Hanya memuat salah satu komponen pendahuluan dan disampaikan dengan kurang tepat1PelaksanaanBaris pernyataan ditulis dengan lengkap dan penjelasannya dengan sangat tepat4Baris pernyataan ditulis dengan lengkap dan penjelasannya dengan tepat3Baris pernyataan ditulis dengan lengkap dan kurang tepat2Baris pernyataan ditulis dengan lengkap dan tidak tepat1KesimpulanTerkait dengan pelaksanaan tugas dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnya yang feasible4Terkait dengan pelaksanaan tugas dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnya tetapi kurang feasible3Terkait dengan pelaksanaan tugas tetapi tidak ada saran2Tidak terkait dengan pelaksanaan tugas dan tidak ada saran1Tampilan laporanLaporan rapi dan menarik, dilengkapi cover dan foto/gambar4Laporan rapi dan menarik, dilengkapi cover atau foto/gambar3Laporan dilengkapi cover atau foto/gambar tetapi kurang rapi atau kurang menarik2Laporan kurang rapi dan kurang menarik, tidak dilengkapi cover dan foto/gambar1KeterbacaanMudah dipahami, pilihan kata tepat, dan ejaan semua benar4Mudah dipahami, pilihan kata tepat, beberapa ejaan salah3Kurang dapat dipahami, pilihan kata kurang tepat, dan beberapa ejaan salah2Tidak mudah dipahami, pilihan kata kurang tepat, dan banyak ejaan yang salah1NoNamaSkor untukJumlah skorNilaiPendPelaksKesimpTampKeterb1X422331470...........................Contoh pengisian hasil penilaian tugasJumlah skor perolehan 14Jumlah skor maksimal 20Nilai = (14/20) x 100= 70KARTU REMEDIAL SISWANama Sekolah :Kelas/Semester :Tahun Pelajaran :Mata Pelajaran :Nama Peserta Didik :Kelas :NoMata PelajaranKD yang diremedialNilaiNilai AkhirMetode yang digunakanTanggal dan tanda tanganAwalRemedial 1Remedial 2Remedial 3KARTU PENGAYAAN SISWANama Sekolah : …………. Mata Pelajaran : ……………Kelas/Semester : ………… Nama Peserta didik : ……………Tahun pelajaran : ………… Kelas : ……………NoNama SiswaKD yang dipelajariNilaiNilai AkhirMetode yang digunakaTanggal dan tanda tanganPendahuluanPelaksanaanKesimpulanKeterbacaanTampilan laporan
-
LEMBAR PENILAIAN DIRI SENDIRINama Siswa : …………………………………………………………………………Kelas/Semester : …………………………………………………………………………Tahun Pelajaran : ..............................................................................................................Paket Keahlian : …………………………………………………………………………Mata Pelajaran : …………………………………………………………………………No.Kompetensi DasarIndikatorDaftar PertanyaanPenilaiansiswaBukti-bukti PendukungDiisi Oleh GuruKompetenBelum KompetenValidAutentikTerkiniMemadaiPENILAIAN TESKisi-Kisi, Soal Pengetahuan, Kunci Jawaban, dan Cara Pengolahan NilaiMata Pelajaran: hygiene sanitasi dan keselamatan kerjaKD :Kompetensi DasarIndikatorIndikator SoalJenis SoalSoal3.1.Mendeskripsikan peranan, ruang lingkup dan persyaratan hygiene dan sanitasi bidang makanan4.1. Menilai penerapan hygiene perorangan (personal hygiene) di dapur dan ruang pelayanan makanan1. Mendiskripsikan pengertian hygiene dan sanitasi2. Mendeskripsikan peran hygine dan sanitasi3. Mendeskripsikan ruang lingkup hygiene dan sanitasi4. Menyebutkan persyaratan hygiene dan sanitasi makanan5. Mendeskripsikan hubungan antara aspek hygiene dan sanitasi makanan dengan keracunan makanan1. Siswa dapat mendiskripsikan pengertian hygiene dan sanitasi2. Siswa dapat mendeskripsikan peran hygiene dan sanitasi3. Siswa mendeskripsikan ruang lingkup hygiene dan sanitasi4. Siswa dapat menyebutkan persyaratan hygiene dan sanitasi makanan5. Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara aspek hygiene dan sanitasi makanan dengan keracunan makananTes tulis1. Jelaskan 2 perbedaan pengertian hygiene makanan dan sanitasi makanan !2. Jelaskan tiga hal yang melatarbelakangi pentingnya hygiene dan sanitasi makanan!3. Jelaskan 2 kendala dalam penerapan pengertian hygiene dan sanitasi makanan!4. Jelaskan ruang lingkup hygiene dan sanitasi makanan dengan lingkungan sekitar!5. Berilah penilaian terhadap penerapan hygiene dan sanitasi makanan di sekolahmu !Kunci Jawaban Soal:1. a. hygiene makanan : Ilmu untuk membentuk dan menjaga kesehatan yang berhubungan dengan makananb. Sanitasi Makanan : Usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatannya pada kesehatan lingkungan dimana makanan dan minuman tersebut berada.2. Latar belakang pentingnya hygiene sanitasi makanan :a. Persaingan yang semakin ketat antar industri makanan, dengan semakin banyaknya industry di bidang makanan.b. Tuntutan konsumen terhadap kebersihan, keamanan dan rasa makanan yang dibeli serta kenyamanan lingkungan serta kecepatan pelayanan makanan yang disajikan.c. Kompensasi biaya yang dikeluarkan oleh pengusaha bila terjadi resiko hygiene.d. Kelangsungan hidup perusahaan jika terjadi resiko hygiene.3. Kendala dalam penerapan hygiene dan sanitasi makanan :a. Hygiene dan sanitasi makanan masih dianggap sebatas ilmu, belum diterapkan secara menyeluruh.b. Masih ada sebagian pengusaha kurang menyadari, kurang peduli terhadap hygiene dan sanitasi makanan serta kurang tanggung jawab terhadap kualitas produk makanan yang diproduksinya.4. Ruang lingkup hygiene dan sanitasi makanan :a. Hygiene Makanan :- Hygiene Makanan (food hygiene): membahas tentang cara penanganan bahan makanan dari mentah sampai makanan siap santap.- Hygiene dapur (kitchen hygiene): membahas dengan persyaratan banguan dapur (termasuk diantaranya lantai, dinding dan atap), dan persyaratan bangunan untuk mencegah masuknya binatang pengerat, serangga, dan kecoa di area dapur- Hygiene perorangan (personal hygiene): membahas tentang cara menjaga kebersihan diri dan persyaratan performansi seorang pengolah dan pelayan makanan.b. Sanitasi Makanan :- Sanitasi Peralatan: membahas tentang cara memilih bahan pembersih dan bahan saniter, pemilihan alat pembersih, dan teknik pembersihan peralatan.- Sanitasi ruang dan perabot: menyiapkan bahan pembersih dan bahan saniter, teknik pembersihan dan pensanitasian ruang dan perabot serta jadwal pembersihan.- Penyediaan air bersih sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi proses sanitasi peralatan dan ruang pengolahan makanan.- Penanganan limbah: membahas tentang cara penanganan limbah di area dapur dan lingkungannya.5. Higiene sanitasi makanan di lingkungan sekolahan sudah cukup bersih tetapi masih ada sedikit yang perlu dibenahi.Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai1. Nilai 4 : jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban.2. Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban.3. Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban.4. Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban.Contoh Pengolahan NilaiIPKNo SoalSkor Penilaian 1Nilai1.13Nilai perolehan KD pegetahuan : rerata dari nilai IPK(17/20) * 100 = 852.233.344.445.53Jumlah17
I.
Media / alat, bahan dan sumber pembelajaran
1. Media / alat
- LCD Proyektor
- Laptop
- Power Point
2. Sumber belajar
- Buku Sanitasi, Hygiene,
dan Keselamatan Kerja Kelas X Pengarang
Lisnawaty Simanjutak Kemendikbud. 2013.
- Buku
sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan 1. KEMENDIKBUD SMK.
2013.
- Internet
CATATAN KEPALA SEKOLAH
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mengetahui,
Lamongan,
Kepala
SMK................ Guru Mata Pelajaran
……………………………… ………………………
NIP………… NIP. -
0 Response to "RPP SANITASI HYGIENE KELAS X"
Post a Comment