-->

SANITASI HIGIENE MAKANAN

Pengertian Sanitasi Higiene Makanan

Sanitasi dan higiene merupakan dua istilah yang saling berdekatan artinya higene lebih menitikberatkan pada segi kesehatan, bebas dari kuman penyakit. Sedangkan sanitasi lebih menitikberatkan pada kebersihan, tidak terdapat kotoran. Higiene dan sanitasi adalah dua hal yang saling berhubungan dan harus dilaksanakan secara bersamaan. Jadi, higiene sanitasi adalah usaha menjaga kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu dan lingkungannya.

Sanitasi adalah suatu usaha pencegahan penyakit yang mengutamakan usaha-usaha kesehatan lingkungan hidup manusia. Dalam sanitasi dibahas usaha-usaha pencegahan dari seseorang agar terindar dari penyakit melalui pemeliharaan kesehatan lingkungan. Diharapkan tercipta suatu kondisi dimana seseorang, makanan, tempat kerja atau peralatan agar bebas dari pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri, serangga, atau binatang lainnya yang berasal dari lingkungan.

Sanitasi berasal dari bahasa Latin yaitu sanitasi yang berarti sehat. banyak ahli membuat rumusan tentang pengertian sanitasi. Adapun rumusan tersebut antara lain :
1. Suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.
2. Usaha untuk menciptakan dan menjaga kondisi yang sehat dan higienis
3. Serangkaian usaha yang mendukung penyelenggaraan higiene lingkungan
4. Upaya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menciptakan higiene dan kesehatan umum
5. Usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya pada kesehatan lingkungan hidup
6. Aplikasi ilmu dalam mengolah makanan yang higienis, terjaga dari kontaminasi mikroorganisme

Dapat disimpulkan bahwa sanitasi adalah suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha-usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.

Higiene adalah ilmu yang mempelajari cara-cara memelihara kesehatan. Dalam higiene dibahas cara seseorang memelihara dan melindungi dirinya agar tetap sehat, meliputi sehat jasmani, rohani, dan sosial.



0 Response to "SANITASI HIGIENE MAKANAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel