-->

PENGERTIAN DAN JENIS CAKE, GATEUX, TORTEN

CAKE, GATEUX, TORTEN

Cake berasal dari adonan liquid dari bahan utama mentega, margarine, telur, gula pasir tepung terigu medium wheat white, susu, tbm, cream of tar tar dan bahan pelengkap seperti cheese, chocolate, buah rempah, ektra buah dan bahan pewarna tumbuhan. Gateaux dan torten merupakan istilah yang diambil dari bahasa Prancis dan Jerman yang memberikan pengertian kue-kue yang dibuat dan dihias secara khusus dan biasanya dijual pada akhir pecan atau pada acara-acara khusus. Pada umumnya produk ini terbuat dari bolu, ditutup pasta almond kemudian dikombinasikan dengan cream serta aroma tertentu kemudian dihias dengan cokelat atau bahan lainnya serta dikemas dengan rapi dan menarik.

Klasifikasi Cake

1. Chiffon cake adalah cake yang tinggi, ringan dan halus yang dibuat dengan mencampurkan kuning telur, minyakm tepung terigu serta baking powder, sedangkan putih telur dan gula dikocok terpisah hingga mengembang kemudian dicampurkan ke adonan kuning telur.
Ciri-ciri chiffon cake
a. Cake nya tinggi
b. Remah halus
c. Kenyal (seperti busa, foam)
d. Tekstur halus
e. Enak dan gurih
Contoh chiffon cake : Angel strawberry cake, angle orange cake

2. Sponge Cake
Sponge cake disebut unshortened cake yang meliputi true sponge cake dan angel cake. sponge Cake adalah adonan pengocokan putih telur dan kuning telur secara terpisah, kuning telur dicampur dengan bahan-bahan kering, sedangkan putih telur dikocok dengan gula sampai kaku dan dimasukkan ke dalam adonan kuning telur kemudian dibakar. Ciri-ciri sponge cake yaitu tekstur cake kering dan ringan.
Contoh produk sponge cake antara lain classic almond sponge cake,chocolate sponge cake.

3. Butter cake
Butter cake disebut the pound cake. Pound cake mempunyai ciri semua bahan yang digunakan seperti bahan utama dan bahan pelengkap memiliki berat yang sama atau ukuran standar yaitu 500 gram. Butter cake ini mengandung lemak yang tinggi dan menggunakan bahan pengembang.
Ciri-ciri butter cake :
a. Tekstur volumenya padat dan pendek
b. Seratnya sama besar
c. Kurang lembut
d. Remahnya kasar
Contoh butter cake adalah cherry butter cake, green kurma butter cake

4. Genoise cake
Genoise cake ialah classic European style cake. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan genoise cake ialah putih dan kuning telur yang dikocok bersama gula sampai ringan dan halus, tanpa bahan pengembang serta hanya sedikit mengandung minyak atau mentega cair.
Ciri-ciri genoise cake adalah :
a. Ringan
b. Remahnya lembut
c. Cake sangat mengembang
Contoh produk genoise cake anatara lain : chocolate genoise cake, classic fruit genoise cake

0 Response to "PENGERTIAN DAN JENIS CAKE, GATEUX, TORTEN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel