-->

STRUDEL

STRUDEL

Strudel merupakan pastry yang pada awalnya merupakan adonan yang lunak dibuat dari terigu protein tinggi, telur, dan air. Setelah adonan kalis, ditarik dengan tangan menjadi lapisan yang sangat tipis dan transparan. Hal ini membutuhkan keterampilan dan latihan untuk dapat mengerjakan dengan baik. Strudel yang paling terkenal adalah Apple Strudel, strudel ini lebih elastis sedikit dari pie, tetapi rasanya sama lezatnya. Phyllo, filo, dan fillo merupakan versi Yunani dari jenis adonan setipis kertas. Namun, produk Phyllo sering juga diberi label adonan Phyllo/Strudel. Pada umumnya Phyllo dijual dalam bentuk beku, di beberapa tempat dapat juga dibeli dalam bentuk segar. Lembaran biasanya berukuran sekitar 28 hingga 30 x 43cm. Fillo berbentuk lembaran-lembaran tipis yang pembuatannya disusun beberapa lembar hingga saat jadi berlapis-lapis. Pembuatannya bisa dioven, dapat juga digoreng. Rasanya renyah namun sebaiknya langsung disantap begitu matang. Isinya juga variatif sekali, bisa asin dapat juga manis.

Phyllo yang dijual sangat tipis dan halus sehingga harusdiperlakukan dengan hati-hati. Dua hal yang harus diperhatikan adalah lakukan thawing phyllo beku sebelum membuka bungkus plastik. Jangan bekerja dengan adonan beku karena adonan bisa patah. Yang kedua, setelah pembungkus dibuka dan lipatan/gulungan lembaran adonan dibuka, simpan tumpukan lembaran dengan ditutup supaya tidak kering. Pindahkan satu lembaran dan tutupi sisa lembaran. (catatan: instruksi sering mengatakan untuk menutup adonan dengan kain basah/lembap, tetapi hati-hati karena lembaran dapat saling menempel jika adonan terlalu lembap).

Pembuatan Adonan Dasar Phyllo

Bahan-bahan:
500 gram tepung terigu protein sedang
5 gram garam
50 ml minyak
250 ml air

Cara pembuatan:
  1. Campur tepung, garam, minyak dan air aduk hingga rata dan uleni hingga kalis.
  2. Setelah tercampur rata, bulatkan menjadi bentuk bola, kemudian lumuri seluruh permukaan adonan dengan minyak selada (salad oil). Istirahatkan di lemari pendingin selama ± 20 menit.
  3. Gilas adonan hingga tipis dan halus dengan ukuran 25 cm x 50 cm. Lembaran dapat dioles agar tidak menempel antara satu dengan yang lainnya

0 Response to "STRUDEL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel