-->

COKELAT PRALINE

COKELAT PRALINE

Praline merupakan bentuk permen cokelat yang terbuat dari cokelat, mentega yang disajikan dalam bentuk beraneka ragam yang isinya seperti kacang, buah dan lain-lain. Kemudian, praline menjadi istimewa karena inilah cokelat pertama dengan filling didalamnya. Sejak diperkenalkan pada abad ke-17, cokelat praline kemudian menjadi pilihan utama keluarga bangsawan dalam memberikan hadiah kepada orang-orang yang mereka anggap penting bagi hidup mereka. Seiring waktu, cokelat praline kemudian berkembang menjadi cokelat premium dan eksklusif. Coklat yang digunakan untuk membuat coklat praline biasanya adalah compound chocolate dan couverture. Penggunaan chocolate compound biasanya lebih sering digunakan karena pengolahannya lebih gampang dibandingkan bila kita mengolah chocolate couverture. Beberapa merk coklat yang dijual di pasaran baik untuk diolah menjadi coklat praline, namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua merk mengandung sejumlah bahan yang tidak berdampak buruk terhadap kesehatan. 

Beberapa perusahaan pengolah coklat membuat coklat warna-warni yang bisa langsung digunakan tanpa kita harus menambahkan pewarna. Namun, setelah saya pelajari, ternyata hanya ada satu merk yang kualitas dan rasanya menduduki peringkat pertama. Jika dipanaskan coklat warna-warni tersebut bisa langsung lumer dan tidak terlalu rewel dengan panas. Teksturnya halus dan rasanya enak. Coklat praline biasanya cocok disajikan sebagai kudapan santap sore atau malam hari, cocok juga dikonsumsi bila ada acara party, kumpul keluarga dan santapan bersama teman-teman. Coklat praline bisa juga menjadi hadiah disetiap suasana, wedding, birthday, lebaran, natal, dsb. 

Dibawah ini langkah membuat coklat Praline dari coklat couverture (butter chocolate).
Hal yang terlu diperhatikan adalah temperature dalam melelehkan coklat couverture harus rendah, dan turunkan suhu dengan tempering, dan membekukan kembali coklat di dalam kulkas.Perhatikan aturan pada bungkus coklat. Untuk Dark Chocolate temperature untuk melelehkan agak lebih tinggi dari coklat susu dan Coklat putih.

Iris 500 gr coklat yang telah di simpan selama 2 sd 3 jam pada suhu ruang (32°C)
Didihkan air sampai mendidih. Lelehkan 250 gr coklat iris, dengan cara di tim diatas air mendidih tanpa api. Angkat. Masukkan sebagian coklat iris untuk proses tempering, lanjutkan dengan memasukkan seluruh sisa irisan coklat. Aduk perlahan sampai coklat meleleh sempurna.Sendok coklat kedalam cetakan coklat. Banting pelan loyang coklat agar permukaan coklat rata. Simpan dalam lemari es selama 1 jam. Pindahkan coklat dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas selama 1 hari. Coklat siap disajikan. Untuk isi coklat praline cara praktis dan sederhana adalah dengan menggunakan kacang mede, atau permen yang lembut atau permen jelly. Cara membuat adalah sebagai berikut :

Bahan:
· Cokelat blok yang dark dan white
· Pewarna cokelat, khusus untuk permen, bahan dasarnya minyak
· Kacang mete, selai, krim, dan lain-lain untuk isian praline.

Alat:
· cetakan khusus untuk permen cokelat
· plastik segi tiga
· stik lolipop dan kemasannya,
· es batu dan wadah, untuk ditaruh di bawah cetakan sehingga cokelat cepat beku


Cara membuatnya:
  1. Potong cokelat blok, kemudian masukkan ke dalam wadah tahan panas atau ke dalam plastik segitiga (mengetim atau mencairkan cokelat), masukkan ke microwave (tanpa menggunakan microwave juga dapat dilakukan/lihat cara mengetim cokelat), panaskan selama 1,5 menit. 
  2. Bisa diberi warna atau langsung dicetak. Dalam pemberian warna sebaiknya beri warna 1 tetes dulu kemudian aduk rata, kalau warnanya masih kurang baru tambahkan lagi.
  3. Pindahkan cokelat yang sudah diberi warna ke kantong segi 3, Siapkan juga wadah yang bisa menampung es batu. nantinya cetakan cokelat ini diletakkan di atas wadah es batu.
  4. Kalau cokelatnya terdiri dari beberapa warna, sebaiknya tunggu warna pertama mengeras baru kemudian ditambahkan warna lain. Supaya cokelat cepat mengeras, penggunaan es batu dengan wadah di bawah cetakan cokelat, akan mempercepat proses pengeringan.
  5. Tuangkan cokelat warna ke dalam cetakan. Untuk membuat lollipop harus menggunakan tangkainya. Misalnya membuat lollipop bunga dengan motif kuning dan pink. Pertama warna kuning ditaruh dalam cetakan tunggu hingga keras (dengan adanya es batu dibawah cetakan cokelat waktu menunggu cokelat keras lebih cepat) kemudian baru dituang dengan warna lain, kemudian selipkan stik/batang lolipop. Hati-hati juga dengan stik kadang suka terangkat, untuk menahan stik supaya tetap pada tempatnya diperlukan mangkok-mangkok atau benda lainnya di tepi cetakan itu fungsinya menahan stik. Usahakan stik lolipop tetap melekat erat sampai cokelat cukup keras untuk dipindah ke kulkas/lemari es.
  6. Setelah stik kuat tertanam pada cokelat, pindahkan cetakan cokelat beserta isinya ke lemari pendingin (kulkas) biarkan selama 10-15 menit. Keluarkan cokelat dengan hati-hati dari cetakan.
  7. Kalau ingin membuat praline caranya adalah dengan menuangkan cokelat cair kurang lebih 1/2 cetakan, kemudian sapukan dengan kuas ke sekeliling cetakan, tunggu sampai cokelat mengeras. Setelah cokelat keras tambahkan isi. Isi bisa berupa selai/jam, kacang, buah, keju, krim dan lain-lain. Kemudian terakhir tutup dengan cokelat cair lagi, hingga penuh. Biarkan dingin setelah dingin disimpan didalam lemari pendingin.

0 Response to "COKELAT PRALINE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel